ARTIKEL MAKANAN

7 JAJANAN TRADISIONAL YANG WAJIB KAMU CICIPI!!

7 JAJANAN TRADISIONAL YANG WAJIB KAMU CICIPI!!


Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya tapi terkenal juga dengan jajanan tradisional yang lezat dan beraneka ragam. Kekayaan budaya membuat negeri kita ini punya ragam kuliner yang berlimpah dengan citarasa yang nikmat. Tak heran kalau kelezatan kuliner Nusantara bisa sampai terkenal hingga penjuru dunia.

Rekomendasi Jajanan Tradisional Indonesia

Mulai dari Nasi Goreng, Gado Gado, hingga Rendang, menjadi hidangan yang banyak diburu turis mancanegara. Selain hidangan utama, banyak juga jajanan tradisional Indonesia yang juga menarik minat para wisatawan luar negeri saat berkunjung ke Indonesia. Nah, beberapa snek atau camilan khas Nusantara ini tidak hanya bikin lidah kamu ketagihan, tapi juga jadi buruan para turis luar negeri yang berkunjung ke Indonesia.

1. Kue Lumpur

Hasil gambar untuk Kue lumpur

Jajanan Tradisional kue lumpur
Penganan ringan, salah satu jajanan tradisional Indonesia yang banyak kamu temui di pasar tradisional hingga di pusat perbelanjaan modern ini terbuat dari santan, kentang, tepung terigu dan telur. Sebagai penambah rasa, vanila ditambahkan serta topping kismis di atasnya. Teksturnya yang kenyal dan lembut serta rasanya yang manis menjadi sajian yang pas untuk menemani minum teh saat hangout bersama teman-teman. 

2. Onde Onde

Hasil gambar untuk onde onde

Perpaduan rasa gurih, manis, dan asin yang sempurna pada camilan ini membuatnya banyak digemari orang. Terbuat dari adonan tepung ketan yang ditaburi wijen, bagian dalamnya diisi dengan pasta kacang hijau. Ada pula versi yang menggunakan tepung terigu dengan diberi warna pada permukaannya. Onde Onde bisa kamu temui dalam berbagai ukuran serta tekstur. Camilan ini lebih nikmat kalau kamu santap ketika masih hangat.

3. Serabi

Hasil gambar untuk serabi

Ada banyak jenis serabi atau surabi yang dikenal di Indonesia. Ada yang manis dan ada yang asin. Camilan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan ini dipanggang menggunakan wajan besi kecil berbentuk cekung di atas arang atau bara api. Bagian bawahnya yang terkena kontak langsung dengan api akan bertekstur renyah, sementara bagian atasnya berwarna putih. Serabi asin biasanya lebih tebal dan dihidangkan dengan kelapa parut, sementara serabi manis dibuat lebih kecil dan dihidangkan dengan kuah kinca. Sedangkan serabi Solo, biasanya dibuat lebih tipis dengan berbagai topping manis seperti pisang, keju, hingga coklat.

4. Klepon

Hasil gambar untuk klepon

Camilan tradisional ini sudah banyak disajikan di restoran-restoran dan cafe papan atas sebagai teman high-tea. Bahkan di hotel berbintang pun camilan ini sudah bisa kamu temui. Bentuknya bulat dengan tekstur kenyal, diberi taburan kelapa parut dan isi gula jawa cair. Ledakan rasa manis akan memenuhi rongga mulut kamu saat menggigit dan melumatnya. Menjadikannya dijuluki volcano-nya Indonesia.

Baca juga : KARAKTER KOPI JOS

5. Kue Cucur

Hasil gambar untuk kue cucur

Jika dilihat, kue ini memang tidak tampak menggiurkan atau punya bentuk yang indah. Tapi jangan salah, sekali menggigitnya, kamu pasti tidak bakalan mau berhenti memakannya. Sekilas terlihat seperti panekuk yang terlalu matang dengan warna coklat gelap. Namun saat dipegang, jajanan ini terasa kenyal, bagian dalamnya empuk dan berongga. Rasa manisnya pas, tidak terlalu manis sehingga membuat kamu ingin melahapnya lagi. Di beberapa daerah, kue ini dihidangkan untuk merayakan sesuatu.

6. Getuk

Hasil gambar untuk getuk

Di Jawa, ada banyak macam getuk yang dijual sebagai jajanan pasar. Mulai dari getuk lindri, getuk gulung, hingga getuk trio. Namun semuanya memiliki bahan dasar yang sama, yaitu singkong yang dikukus lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk atau digulung. Ada getuk yang dibuat seperti mi yang dipotong-potong kotak, atau ada yang dipadatkan hingga berbentuk persegi. Jajanan ini dihidangkan dengan taburan parutan kelapa atau bisa dengan dituangkan gula merah.

7. Putu Mayang


Hasil gambar untuk putu mayang

Biasa dihidangkan di acara-acara perayaan seperti pernikahan atau acara adat lainnya. Jajanan ini tergolong kue basah yang dibuat dari olahan tepung beras lalu diberi pewarna dan dibuat seperti gulungan mi. Putu mayang biasa dinikmati dengan siraman kuah santan dan kinca atau saus manis berasal dari gula jawa yang dicairkan. Teksturnya kenyal dan lembut, perpaduan rasa gurih dan manis akan kamu rasakan di mulut. 

Nah buat kamu pecinta kopi atau temen-temen kalian penikmat kopi bisa kunjungi:

0 Response to "7 JAJANAN TRADISIONAL YANG WAJIB KAMU CICIPI!!"

Posting Komentar

wdcfawqafwef